Sabtu, 25 Maret 2017

5 Tempat bersejarah di Aceh

7 TEMPAT BERSEJARAH DI NAD ( NANGGRO ACEH DARUSSALAM), kalau loe berwisata ke Aceh gak akan lengkap men kalau loe gak ke tempat-tempat bersejarah di Aceh.. sebab loe gak akan bisa banyangin apa yang terjadi pada masa lampau.. jadi gua kasih info tentang tempat - tempat  bersejarah yang ada di aceh.. sekalian nambah pengetahuan tentang sejarah.. so Selamat Membaca!!!
1. MASJID RAYA BAITURRAHMAN

Yang pertama ini pasti gak asing lagi sob!! masjid dengan keajaibannya bertahan di tengah kejadian tsunami 2004 silam dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.. yaps!! masjid Baiturrahman adalah masjid kesultanan Aceh pada jaman dahulu, dan saat belanda menyerang aceh pada tahun 1873, masjid ini sempat di bakar.. wah loe bayangin sob!! masjid di bakar men!! kayak jaman Nabi aja.. tapi pada jaman 1875 Belanda membangun lagi masjid ini sebagai penggantinya.. 
 2. GUNONGAN

Tempat yang mirip istana kecil ini adalah  GUNONGAN yang di bangun oleh Sultan Iskandar Muda atas permintaan Putroe phang atau Putri Kamaliah yang berasal dari Pahang.. coba kalian tebak untuk apa bangunan ini?? penasaran?? ini adalah tempat bermain untuk permaisuri Sultan Iskandar Muda tersebut. so sweet bgt broh!!
gunongan
3. BENTENG INDRA PATRA

Benteng peninggalan kerajaan Hindu pertama di Aceh ini digunakan sebagai tempat peribadatan dan benteng pertahanan dari gempuran musuh.. Ya kalian tahu kan!! dulu sering banget ada perang.. jadi mereka para orang hindu memngunnya untuk bertahan dari perang.. 
benteng indra petra
4. RUMOH ACEH
Rumah adat aceh yang di fungsikan sebagai museum ini banyak menyimpan ribuan peninggalan sejarah Aceh sob!! di dalam nya sangat lengkap.. jadi kalau kalian pengen tahu tentang Aceh dari jaman pra modern hingga peninggalan masa penjajahan ada semua.. n gak cumai itu vroh.. ada masih banyak yang lain di dalam.. jangan lupa mampir vroh!!
rumoh aceh
5. LONCENG CAKRA DONYA

kalian tahu laksamana cheng ho?? yaps benda ini adalah hadiah dari beliau kepada Aceh.. dan pada jaman kerajaan samudra pasai.. lonceng ini di gunakan untuk genderang perang melawan portugis.. dan sekarang lonceng ini di simpan di museum Aceh sebagai bukti persahabatan Aceh dan China pada masa lampau
lonceng cakra donya
6. KHERKOFF PEUCUT

Nama yang bagus untuk sebuah pemakaman.. kherkoff peucut adalah kompleks kuburan para perwira Belanda yang tewas dalam perang aceh.. betapa tangguhnya pahlawan kita yang dulu.. ada 2000 lebih nisan di kompleks ini.. dan ini adalah kuburan belanda terbesar di dunia. 
7. PESAWAT SEULAWAH AGAM

Pesawat yang di berikan orang Aceh kepada Republik Indonesia setelah Aceh bergabung dengan Indonesia yang di gunakan Indonesia untuk mempercepat kemerdekaan Indonesia. pesawat ini sekarang telah menjadi musium sob! 
pesawat seulawah agam
itulah sob tempat tempat bersejarah yang ada di Aceh. yang menjadi saksi bisu kejadian pada masa lampau.. dan kita berkewajiban untuk menjaga itu semua.. karena dengan kita belajar dari sejarah kita bisa menghindari keburukan yang terjadi pada masa lampau untuk kebaikan pada masa depan.. 

Sumber :  http://www.wolesbanget.com/2015/10/7-tempat-bersejarah-di-nad-nanggro-aceh.html

0 komentar:

Posting Komentar